JAMUR TIRAM

SELAMAT DATANG DI PUSAT JAMUR TIRAM SUMATERA BARAT ...!!!

Selasa, 14 Februari 2012

PERAWATAN JAMUR TIRAM

PERAWATAN JAMUR TIRAM




Perawatan jamur tiram, Tahap ini marupakan masa setelah inkubasi hingga panen. Pada masa pemeliharaan penutup baglog di buka hingga seperempat bagian log, Tahapan perawatan jamur tiram ini memerlukan suhu yang lebih rendah di bandingkan pada saat pertumbuhan miselium (tahap inkubasi)dan juga kelembapan yang optimal/ berlimpah.suhu yang diperlukan sekitar 20 C – 26 Cdengan kelembapan 80% - 90%. Dalam masa perawatan jamur tiram pengaturan kelembapan dapat dilakukan dengan penyiraman sebanyak 2-3 kali setiap hari terutama kelembapan diluar rendah biasanya pada siang hari. Selain kelembapan, kadar oksigen juga perlu diatur dengan membuka ventilasi ketika kelembapan diluar tinggi.kelembapan perlu dikurangi hingga 70%-80% apabila tubuh buah telah mencapai ukuran dewasa. Hal ini dilakukan agar tekstur tubuh buah tidak lembek yang bias menyebabkan tidak tahan lama /cepat busuk, jadi proses perawatan jamur tiram sangatlah penting bagi tumbuh kembangnya jamur.

Setelah penutup dibuka, tubuh buah biasanya sudah mulai tumbuh. Selang 3-4 hari selah tunas tubuh buah tumbuh, jamur tiram telah siap di panen.
Pemanenan harus di lakukan dengan hati hati dengan cara mencabut seluruh rumpun tubuh buah jamur tiram yang ada beserta akar nya.akar yang tertinggal bias menyebab kan pertumbuhan tubuh buah selanjut nya terganggu karna terjadi pembusukan media.panen sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari pada saat jamur tiram masih dalam kondisi segar.
Panen kedua biasanya berlangsung dalam rentang waktu 1-2 minggu setelah panen pertama .usia produktif berlansung 3-4 bulan dengan produksi satu baglog sekitar 0,5 kg.
Setelah dilakukan pemanenan, log di rawat seperti awal penanaman yaitu dengan melakukan penyiraman, pengaturan suhu, kelembapan serta areasi, Perawatan jamur tiram juga menentukan produktivitas jamur tiram.

2 komentar:

  1. bagaimana cara merawat log kl sudah terkontaminasi jamur yg warna biru gan.,.,.,???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Log jamur tiram yang sudah terkontaminasi jamur lain harus di buang jauh dari kumbung, karena spora jamur pengganggu ini akan menyebar ke log lainnya..

      Hapus