JAMUR TIRAM

SELAMAT DATANG DI PUSAT JAMUR TIRAM SUMATERA BARAT ...!!!

Senin, 10 September 2012

cara membuat bibit jamur tiram


Cara membuat bibit jamur tiram

Cara membuat bibit jamur tiram memang terbilang sulit karena membutuhkan keahlian khusus, ketelitian yang tinggi, peralatan yang steril, tempat dan lokasi yang bersih. Cara dan media yang di gunakan dalam membuat bibit jamur tiram juga berbeda-beda, ada dengan cara menggunakan PDA, jagung, padi, gandum, serbuk kayu dan media lainnya. Pada intinya kualitas misilium bibit jamur tiram di tentukan oleh media dan cara membuat bibit bibit jamur tiram itu sendiri.

cara membuat bibit jamur tiram Teknik/ cara membuat bibit jamur tiram :

 

  1. Cara membuat bibit jamur tiram F0 (biakan murni)

Cara ini adalah yang paling utama sekali dalam membuat bibit jamur tiram, dimana kita harus memilih dan menentukan jamur tiram yang akan di ambil sporanya sebagai indukan murni/biakan murni terlebih dahulu. Disini kita bisa menggunakan bahan /media PDA (Dextrose Potato Agar). Cara nya adalah dengan memasukkan inti spora jamur tiram kedalam media PDA dan misilium jamur akan berkembang dan memenuhi media dalam kurun waktu 2-3 minggu, setelah itu masuk ke cara membuat bibit jamur tiram ke tahap berikutnya yaitu F1.
  1. Cara membuat bibit jamur tiram F1 (turunan dari biakan murni)

Cara membuat bibit jamur tiram di tahap ini baru bisa di lakukan setelah bibit biakan murni ada/tersedia, karena bibit yang akan di masukkan bukan berasal dari spora jamur langsung lagi, melainkan sudah berupa akar-akar misilium jamur dari F0 tadi. Media yang digunakan pun sudah berbeda dengan bibit jamur tiram sebelumnya yang menggunakan PDA, disini para petani sudah bisa dengan cara  menggunakan berbagai media/bahan seperti : jagung, padi, gandum, serbuk kayu dan media-media lainnya. Cara membuat bibit jamur tiram F1 ini juga tidak sesulit F0 dimana kita sudah bisa memasukkan misilium langsung ke dalam media tanpa harus membuat medianya terlebih dahulu seperti halnya PDA. Setelah bibit jamur tiram F1 selesai di buat kita masih bisa menurunkan bibit ke tahap berikutnya dengan cara membuat yang tidak jauh berbeda.
  1. Cara membuat bibit jamur tiram F2/ biakan dari F1

Cara membuat bibit jamur tiram F2 tidak berbeda dengan membuat bibit jamur tiram F1, hanya saja tingkat bibit yang di masukkan memang berbeda, dimana pada bibit F1 yang dimasukkan adalah biakan murni (F0) sedangkan pada bibit F2 yang dimasukkan adalah bibit F1. Bibit F2 ini sudah bisa digunakan untuk proses budidaya / di masukkan dalam baglog sebagai media tumbuh kembang jamur tiram. Jadi cara membuat bibit jamur tiram tidak lah sesulit membuat roket dan juga tidak semudah membalikkan telapak tangan.
Bagi para petani jamur tiram yang ingin mendapatkan bibit jamur tiram yang berkualitas klik disini

Untuk Informasi lengkap tantang budidaya jamur tiram 
klik www.budidaya-jamur-tiram-sumbar.com

2 komentar: