JAMUR TIRAM

SELAMAT DATANG DI PUSAT JAMUR TIRAM SUMATERA BARAT ...!!!

Rabu, 15 Februari 2012

JENIS-JENIS JAMUR TIRAM


JENIS JAMUR TIRAM

Jamur tiram memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan warna tubuh buahnya (tudung) dan masing-masing mempunyai karakteristik yang berbeda-beda. Jenis jamur tiram diantaranya jamur tiram putih, jamur tiram merah, jamur tiram abu-abu, dan jamur tiram ckolat.

1.      Jenis Jamur Tiram Putih

Jenis Jamur tiram putih (Peluerotus ostreatus) atau white mushroom juga dikenal dengan istilah jamur shimeji (jepang). Sesuai dengan namanya jamur ini memiliki tudung atau tubuh buah warna putih susu, dan diameter tudung jamur dewasa antara 3-8 cm. Kulit tudungnya agak tipis, tetapi rata dan ada yang bergelombang serta memiliki banyak cabang dalam satu rumpun. Besar kecilnya masing-masing cabang tidak sama, ada yang kecil dan ada pula yang sangat besar/lebar. Dari beberapa jenis jamur tiram, jamur tiram putih paling banyak dan populer dibudidayakan di Indonesia, serta paling banyak dijual dipasaran, baik pasar swalayan maupun pasar tradisional
Dalam mikologi penggolongan jamur tiram putih adalah sebagai berikut:
1). Devisi          : Amastigomycota,
2). Klas            : Basidiomycetes,
3). Subklas       : Homobasidiomycetidae,
4). Ordo           : Agaricales,
5). Suku           : Agaricaceae,
6). Marga         : Pleurotus,
7). Spesies       : Pleurotus ostreatus,

2.      Jenis Jamur Tiram Merah

Jenis Jamur tiram merah (Pleurotus flabellatus) di Jepang dijuluki sebagai  sakura shimeji. Tudung atau tubuh buahnya agak tebal dan jumlah cabangnya dalam satu rumpun lebih sedikit.
Diameter tudung antara 5 sampai 10 cm. Mikologi penggolongan jamur tiram merah sama dengan jamur tiram putih. Perbedaannya hanya terletak pada spesies, yakni Flabellatus. Jamur tiram merah menduduki nomor dua baik membudidayaannya maupun ketersediaannya di pasaran, setelah jamur tiram putih. Oleh karena itu jamur pasaran ini jarang ditemui dipasaran.

3.      Jenis Jamur Tiram Abu-Abu

Jenis Jamur tiram abu-abu (Pleurotus sayor caju) warna tudung atau tubuh buahnya abu-abu (shimeji Grey), dengan diameter tudung antara 4 sampai 12 cm. Jumlah cabangnya agak sedikit. Mikologi penggolongannya sama denga jamur tiram putih, perbedaannya hanya pada spesiesnya. Jamur jenis ini juga agak sulit ditemui dipasar dan amat sedikit yang membudidayakannya.

4.      Jenis Jamur Tiram Cokelat

Jenis Jamur tiram cokelat (Pleurotus cystidiosus) dikenal dengan nama jamur abalone. Tudungnya lebih tebal, memiliki diameter antara 4 sampai 10 cm.

Informasi Lengkap mengenai Jamur Tiram Klik Link di bawah ini..!!

1 komentar:

  1. dimana cari f-1 tiram merah, dan f-1 king oestern hub 087762521119 sy tunggu

    BalasHapus